Sabtu, 14 Mei 2011

Sambal Jlegor



Suatu ketika aku ke ruang makan, kok aku melihat sambal dicobek atasnya diisi kangkung. Langsung pikiranku mengatakanya kalau sepertinya enak. Akhirnya langsung aja aku colok tuh kangkung plus sambalnya.. woooW rasanya ueenaaak sekali..hihihi. Manis campur pedes. Saking enaknya tak terasa kangkung dengan sambalnya langsung habis seketika. :p

Ternyata yang membuat nenek, katanya sih resep waktu jaman beliau kecil dulu. Secara aku baru menemukannya ya saat aku di ruang makan itu.

resepnya adalah :

Bahan sambal :
2 cabe rawit (sesukanya)
Asam matang 1 biji kecil
5 gr Gula merah atau sesukanya
1 siung bawang merah
garam 1/4 sdt
air secukupnya

lalapan :
kangkung 1 ikat.

cara membuatnya :


  1. Campur semua bahan sambal kecuali air lalu diulek hingga lembut. Setelahnya Beri air dan ulek hingga air menyatu rata dengan sambalnya.
  2. Rebus kangkung atau dikukus. Setelah layu angkat dan peras airnya setelah panasnya berkurang. Lalu letakkan di atas cobek berisi sambal.
  3. Hidangkan.
Hmmmmm.. enaknya bila sambal ini dipadukan dengan nasi putih pulen yang panas dan tempe goreng. Pasti ingin nambah terus makannya.. hehe Met menikmatinya. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates